senam dan penyuluhan massal tentang pencegahan dan deteksi dini kanker serviks





SENAM DAN PENYULUHAN MASSAL TENTANG PENCEGAHAN DAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS
Kamis, 24 April 2014 Kota Subang mengadakan acara senam dan penyuluhan massal tentang pencegahan dan deteksi dini kanker serviks dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Subang ke – 66 dan peringatan hari kartini dan hari kesatuan gerak PKK ke – 40. Acara ini dimulai pada pukul 07.00 pagi hari, dengan sambutan pertama dari Ibu Hj. Dewi Nirmala. SKM (istri dari bapak ojang - bupati subang) selaku ketua tim penggerak PKK di Kabupaten Subang.  Dalam sambutannya ibu Hj. Dewi mengatakan “kanker leher rahim merupakan penyebab kematian akibat kanker yang terbesar kedua setelah kanker payudara. Saat ini, kanker leher rahim menjadi kanker terbanyak pada wanita Indonesia yaitu sekitar 34% dari seluruh kanker pada perempuan dan sekarang  48 juta perempuan Indonesia dalam resiko mendapat kanker leher rahim, untuk itulah diadakan senam dan penyuluhan massal untuk mencegah dan mendeteksi kanker serviks, selain itu kegiatan ini juga mendukung program FFG (Five For Gapura atau 5 untuk GAPURA) khususnya GAPURA SERASI (Gerakan Pembangunan Untuk Rakyat Sehat Rapih Bersih)”. setelah itu pemberian sambutan kedua dari Bapak Ojang Suhandi selaku bupati Subang mengatakan bahwa acara ini merupakan suatu acara yang mendukung program di  kabupaten Subang  yaitu GAPURA (Gerakan Pembangunan Untuk Rakyat) khususnya peningkatan dalam bidang  kesehatan.
Kemudian acara dilanjut dengan senam massal yang diikuti oleh ibu – ibu dan pelajar putri dari seluruh Kabupaten Subang dan diliput oleh beberapa stasiun televisi diantaranya Global TV, TVOne, TVRI. Acara ini menargetkan peserta yang hadir sebanyak 20.000 peserta, selama senam berlangsung tidak ada kendala dan semua peserta yang hadir tampak antusias dan senang mengikuti acara ini.
Lalu pemberian materi penyuluhan oleh dr. Philliansyah. SPOG. “kanker serviks adalah kanker leher rahim pada perempuan yang bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, merokok, berganti – ganti pasangan dan infeksi dari virus papiloma. pada perempuan yang sering mengalami keputihan lebih dari biasanya serta haidnya lebih lama kita harus curiga ada infeksi atau keganasan” . dr. Philliansyah juga mengatakan “nah, kalau sudah timbul gejala – gejala yang disebutkan tadi maka harus segera diperiksa dengan cara Pap smear bagi perempuan yang sudah menikah, dan untuk mencegah terjadinya kanker serviks ada beberapa cara yaitu dengan setia kepada pasangan, menjalani PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), vaksinasi, sering berolahraga dan sering mengkonsumsi sayur dan buah”.
Setelah senam dan pemberian materi dilanjutkan dengan pelepasan burung merpati putih sebagai simbol dari acara ini dan disediakan tempat pemeriksaan pap smear gratis bagi perempuan yang sudah menikah serta hiburan berupa boyband “umbrella boy” yang menampilkan tarian payung dipersembahkan oleh kantor pos subang, acara hiburan lain yang memeriahkan acara ini adalah “joget berhadiah” yang disponsori oleh BPJS Ketenagakerjaan. Selanjutnya penobatan ibu Hj. Dewi Nirmala. SKM sebagai ketua yayasan kanker subang oleh ibu Hj. Imas Aryumningsih selaku wakil bupati Subang dan pemberian Rekor Muri oleh bapak Hendriansyah selaku ketua museum rekor Indonesia.
Acara terakhir berupa acara hiburan dari ibu Hj. Dewi Nirmala. SKM dan dari tempat karaoke Mr. Locus serta pembagian doorprize dari sponsor berupa : sepeda motor, TV LED, sepeda lipat, mesin cuci, kulkas, rice cooker, water dispenser dan lain – lain. acara berlangsung dengan ramai dan berakhir pada pukul 11.00 siang hari.



Ada beberapa informasi mengenai Kanker Serviks, diantaranya:
Faktor risiko penyebab dari kanker serviks :
1.      Berganti – ganti pasangan
2.      Merokok
3.      Penurunan Kekebalan Tubuh
4.      Infeksi HPV (Human Papiloma Virus)
Ciri – ciri wanita yang menderita kanker serviks :
1.      Saat berhubungan seks merasa sakit dan sering diikuti adanya perdarahan
2.      Mengalami keputihan yang tidak normal dan berbau
3.      Merasa sakit pada daerah pinggul
4.      Sakit pada saat buang air kecil
5.      Keluar cairan berbau busuk dari vagina
Bagaimana cara mencegah kanker serviks ?
Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh kaum wanita antara lain:
1.      Jalani PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)
2.      Setia pada pasangan (tidak berganti – ganti pasangan seks)
3.      Vaksinasi
4.      Pap smear minimal 1 tahun sekali
5.      Perbanyak konsumsi sayur dan buah
6.      Menggunakan pembalut wanita yang sehat dan memenuhi standar kesehatan
Nah, itu tadi sedikit informasi mengenai Kanker Serviks. Mudah – mudahan dengan adanya acara senam dan penyuluhan massal ini kaum perempuan bukan hanya di Kota Subang saja tapi di seluruh Indonesia menjadi sadar akan pentingnya pencegahan dan deteksi dini kanker serviks.






Komentar

  1. Pendeteksian dengan metode ini apakah cukup akurat? dengan artian kalau memang terjadi sedemikian yang telah disebutkan berarti dia sudah divonis menderita kanker tersebut? Dan kalau senam baiknya memilih baju senam wanita yang bagaimana yah gan? ^^ terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ETIKA KEPERAWATAN “KEPUTUSAN MORAL DAN TEORI MORAL DALAM KEPERAWATAN”

Di keheningan malam ini